Senin, 16 Maret 2009

Usaha Printing Diserbu Caleg


Salah satu sosialisasi nama dan nomor urut caleg yang efektif adalah melalui atribut, seperti spanduk, baliho dan poster.Tak mengherankan jika usaha pembuatan atribut itu laris manis diserbu para caleg dan parpol.Seperti usaha printing digital ekspres Mandiri Reklame di Tanjungunggat yang kebanjiran order sejak April 2008 lalu hingga sekarang.Dari biaya pembuatan atribut ini saja sudah bisa dilihat besarnya dana yang harus dikeluarkan setiap caleg.


Acai (28) sang pemilik usaha digital printing itu mengatakan, sejak April 2008 sebahagian besar caleg sudah mulai memesan atribut seperti spanduk, baliho dan poster.Rata-rata satu hari pihaknya bisa mengerjakan orderan hingga 100 meter persegi, dengan nilai keuntungan sekitar Rp 5 juta per hari.Padahal hari biasa ia hanya mengantongi keuntungan kotor rata-rata 1 juta- 2 juta saja per hari.

Setiap caleg rata-rata memesan lebih dari satu jenis atribut, namun jumlahnya pesanan itu juga melihat kemampuan para caleg.Caleg yang berasal dari partai besar bahkan ada yang memesan atribut dengan total biaya mencapai 30 juta.Sedangkan caleg dari partai kecil rata-rata menghabiskan biaya rata-rata Rp 1 jt - 3 jt atau orderan sebanyak 20 - 30 meter persegi.

"Kita tidak perlu menyebutkan nama caleg itu dan dari partai mana, yang jelas bisa dilihat sendiri di lapangan hasilnya," tuturnya.

Tingginya pemesan order atribut sosialisasi itu berlangsung hingga Januari 2009. Sedangkan sejak Februari ini sudah mulai berkurang, karena masa kampanye juga sudah dekat.Dari pemesanan atribut selama ini, ternyata orderan pembuatan baliho paling dominan.

Dalam proses pengerjaan orderan, Acai dibantu oleh empat karyawan yang meliputi desain dan percetakan.Sesuai dengan namanya digital printing ekspres, Acai selalu menyelesaikan pesanan siap satu hari.

Selain itu, ia juga memberikan kemudahan bagi pemesan untuk melihat langsung proses setting atribut."Kita berikan kebebasan kepada pemesan untuk melihat langsung cara kita mendesain, kalau ada ingin perubahan bisa dilakukan saat itu juga," katanya.

Ia juga memberikan harga yang bersaing dan mengutamakan sistem orderan."Siapa yang lebih dahulu order, itu yang kita prioritaskan bukan karena besarnya orderan mereka,' tandasnya.***ANA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TULISAN DALAM BLOG INI ADALAH BERITA MENTAH HASIL LIPUTAN SAYA

Sang Kuli Tinta

Sang Kuli Tinta