Rabu, 10 Desember 2008

Supaya Tanjungpinang Bisa Seperti Jembrana

Kesuksesan sebuah daerah tentu akan membuat daerah lain tertarik untuk mengetahui kunci keberhasilan tersebut.Begitu juga dengan Pemko Tanjungpinang yang tertarik belajar ke Kabupaten Jembrana, Bali.Untuk mengetahui apa saja yang perlu dicontoh dari keberhasilan kota itu menjadi daerah percontohan di Indonesia, Wali Kota Tanjungpinang Dra Hj Suryatati A Manan bersama sejumlah rombongan dari Bappeko, bertamu ke daerah itu pekan lalu.


Menurut wako, sejumlah hal yang ingin diketahui dan dilihat langsung di kota itu antara lain penerapan KTP gratis, pendidikan gratis, kebersihan, aparatur daerah dan e-government.Penerapan KTP gratis di daerah itu sudah merata untuk semua kalangan. Berbeda dengan Tanjungpinang yang mana KTP gratis masih diprioritaskan untuk warga miskin.

Kemudian pendidikan gratis juga telah mencapai hingga 12 tahun. Sedangkan Tanjungpinang baru mencapai hingga 9 tahun.Selain itu kebersihan kota tersebut juga menarik perhatian rombongan Pemko Tanjungpinang.

“Kotanya bersih, indah dan nyaman. Pokoknya memang wajar jika menjadi daerah percontohan,” tutur wako.

Sedangkan dalam masalah aparatur, daerah itu betul-betul membuat klasifikasi CPNS yang betul-betul terseleksi.Sehingga kualitas aparaturnya bisa lebih baik.Begitu juga system e-government yang sudah berjalan di setiap dinas dan insntasi.

Dari studi banding itu, wako mengatakan ada banyak hal yang sudah diterapkan di Tanjungpinang, namun hanya perlu lebih ditingkatkan lagi.Seperti masalah kebersihan, KTP gratis, pendidikan dan e-government.

“Kita berharap apa yang telah kita lihat dan pelajari, nantinya bisa menjadi referensi untuk membangun daerah ini lebih baik,” harapnya.

Khusus dalam masalah kebersihan, wako menyatakan salutnya pada peran serta masyarakat yang tinggi dalam menjaga lingkungan.”Mungkin pengaruh budaya juga yang membuat kota itu bersih, karena bagi warga di sana membuang sampah dalam budaya mereka dianggap dosa,” tandas wako

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TULISAN DALAM BLOG INI ADALAH BERITA MENTAH HASIL LIPUTAN SAYA

Sang Kuli Tinta

Sang Kuli Tinta