Kamis, 20 November 2008

Teladan karena Disiplin

Dibesarkan dari latar belakang keluarga yang menerapkan disiplin tinggi, menjadikan Riawati (38) menjadi pribadi yang senantiasa disiplin dalam bekerja.Berkat sikap disiplin yang ia peroleh dari didikan sang bapak yang anggota Polri itu jugalah, Kasubbag Otonomi Daerah di Bagian Tata Pemerintahan Setdako Tanjungpinang ini, mendapat predikat PNS Teladan Pemko Tanjungpinang tahun 2008.Penghargaan itu diberikan Wali Kota Tanjungpinang Dra Hj Suryatati A Manan pada peringatan Hari Jadi Kota Otonom ke 7 pada 18 Oktober lalu.


Menjadi seorang PNS Teladan, bagi wanita berwajah khas Melayu ini bukanlah sebuah impian.Bagi wanita kelahiran Tanjungbatu, 6 Desember 1970 ini,profesinya sebagai PNS identik dengan pengabdian.Karena itu ia berusaha menjadi seorang aparatur yang bekerja sesuai tugas dan fungsi yang telah digariskan.

Dengan prinsip tersebut, wanita yang akrab dipanggil Ria ini berusaha memenuhi kewajibannya sebagai PNS, salah satunya adalah apel pagi.Kecuali karena ada tugas ke luar kota, setiap hari ia selalu mengikuti apel pagi.

Meskipun hujan rintik harus ditempuhnya dari rumah ke kantor di Senggarang menggunakan sepeda motor, Ria tetap semangat menjalani hari-hari sebagai PNS."Kalau hujan sangat lebat apel pagi memang ditiadakan dan saya juga biasanya tidak ikut apel karena faktor cuaca dan tugas keluar kota," tutur bungsu dari sembilan bersaudara ini.

Faktor disiplinnya mengikuti apel pagi itulah, menurut ibu dua anak ini mungkin menjadi salah satu faktor ia terpilih sebagai PNS Teladan.Sedangkan faktor lain juga ditentukan dengan penilaian tertulis dan kelengkapan isian formulir bagi calon penerima prediket PNS teladan.

Istri dari Purwandi anggota Satpol Air Polresta Tanjungpinang ini menceritakan, jika awalnya ia sedikitpun tidak berharap bahkan tidak menyangka jika dirinya yang akan mendapat penghargaan tersebut.Ketika mengisi dan melengkapi sejumlah persyaratan, wanita cantik bersikap santai.Bahkan ia tidak memikirkannya dan memilih konsentrasi dengan tugas-tugasnya.

Namun, ketika satu hari sebelum hari H pemberian penghargaan itu, ia menerima telepon dari bagian kepegawaian jika ia adalah satu dari dua orang PNS Pemko Tanjungpinang yang menjadi PNS teladan.

Waktu itu ia sempat bingung, kaget dan tidak percaya.Karena ia merasa masih banyak PNS lain yang dirasa lebih pantas untuk menerima penghargaan tersebut."Saya sempat tidak percaya dan bingung, kok saya bisa meraih PNS teladan sementara saya merasa cuma biasa-biasa saja," tuturnya merendah.

Ucapan selamat dari atasan dan rekan di bagian pemerintahan dan SKPD lainnya ia terima.Namun, dibalik rasa senang dan bangga, Ria juga merasa ada tanggungjawab dan beban besar yang harus diembannya.

"Ini adalah tanggungjawab yang amat besar,jadi saya harus bisa menjaga amanah ini dengan menjaga sikap dan tindakan serta bekerja lebih baik," urai wanita yang juga berprinsip hidup jujur ini.

Ria menyadari, prediket PNS Teladan yang ia terima bukan hanya semata karena faktor pribadi dan kinerja sendiri.Melainkan juga berkat dukungan dari atasannya yakni Kabag Pemerintahan Drs Deddy Chandra serta rekan-rekannya.

"Saya meraskan kami di bagian pemerintahan ini adalah tim kerja yang kompak, saling membantu dan mendukung.Karena itu terimakasih saya ucapkan untuk atasan saya bapak Deddy Chandra serta rekan-rekan semua,"tutur ibu dari Renaldi Anwar Hutomo dan Roy Dwi Oktaviandi.

Berkarir sebagai PNS dilakoni Ria sejak 1 Maret 1990.Semula ia bertugas di Dinas Kesehatan Kabupaten Kepri (Kab Bintan sekarang).Pada tahun 1999 ia pindah tugas sebagai Kaur TU Puskesmas Batu Sepuluh hingga tahun 2006.Selanjutnya tahun 2006 ia bertugas di bagian pemerintah setdako Tanjungpinang menjabat Kasubag Agraria dan sekarang menjabat Kasubag Otonomi Daerah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TULISAN DALAM BLOG INI ADALAH BERITA MENTAH HASIL LIPUTAN SAYA

Sang Kuli Tinta

Sang Kuli Tinta