Kamis, 20 November 2008

Tak Mematikan tapi Melumpuhkan

Mendengar nama Cikungunya, mungkin masih banyak masyarakat yang awam mendengarnya.Tapi kalau menyebut demam robot, banyak warga yang sudah paham.Karena demam itu berupa kekakuan pada sejumlah persendian badan, sehingga penderita mengalami kaku tubuh seperti robot bahkan lumpuh sedmentara akibat kondisi yang sudah parah.


Kondisi inilah yang terjadi di Tanjungpinang, yang mana semula penyakit tersebut hanya menelan korban di Kabupaten Bintan, saat ini juga telah menular ke kota ini.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Tanjungpinang sudah ada 16 orang yang terkena demam cikungunya.Para penderita diantaranya di Jl Nila,Teluk Keriting dan Gang Pelita.

Informasi telah menularnya demam tersebut di Tanjungpinang, menurut Kadis Kesehatan Kota Tanjungpinang dr Eka Hanasarianto berdasarkan laporan dari masing-masing puskesmas.

Penyakit tersebut memang tidak mematikan seperti demam berdarah, tapi kekakuan yang terjadi beberapa lama akan membuat korban menderita, sebab tidak bisa menggerakan tubuh.

Dengan pengobatan dan perawatan medis dari pihak puskesmas dan rumah sakit, biasanya penderita akan kembali sembuh dan bisa beraktifitas.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan gejala badan panas, kepala pusing, bintik merah di kulit, mata merah,ngilu persendian dan pembengkakan kelenjer limpa.

Untuk mencegah terjangkit penyakit cikungunya, menurut Eka sama halnya dengan pencegahan demam berdarah yakni 3 M, menguras, menutup dan mengubur.Karena memang demam itu disebabkan oleh nyamuk.

"Kita harap warga bisa lebih menyadari upaya pencegahan dengan sistem 3 M tadi.Sedangkan fogging dilakukan hanya jika sudah ada kasus dan permintaan dari warga sekitar," tuturnya.

Bahkan ia menegaskan fogging yang banyak diminta warga untuk membasmi nyamuk, bukan langkah yang tepat dalam mencegah perkembangan penyakit tersebut.Karena fogging atau pengasapan itu adalah menyemprotkan zat beracun yang nantinya bisa berimbas pada lingkungan sekitar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TULISAN DALAM BLOG INI ADALAH BERITA MENTAH HASIL LIPUTAN SAYA

Sang Kuli Tinta

Sang Kuli Tinta