Kamis, 20 November 2008

Lebih Ramai Karena Bule

Kegiatan Dragon Boat Race (DBR) atau lomba perahu naga ke 7 yang diselenggarakan oleh Pemko Tanjungpinang berlangsung lebih ramai dan meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini jelas terlihat pada pembukaan DBR oleh Menteri Pemuda dan Olaharaga Adhyaksa Dault, Jumat (14/11), di pelataran Ocean Corner.


Ternyata antusias warga untuk menyaksikan pembukaan dan pertandingan event tahunan itu,disebabkan ada peserta dari luar negeri yakni Republik Ceko.

Kehadiran peserta yang sebahagian besar berpostur tinggi dan berkulit putih khas bule, ternyata bisa membuat antusias warga lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya.

Seperti yang dituturkan oleh Yeni yang membawa dua orang anaknya, guna melihat langsung para peserta bule tersebut. "Kalau peserta dari Singapura dan Malaysia itu sudah biasa kita lihat, tapi kalau yang dari Ceko baru sekali ini.Jadi saya mau lihat mereka dan ternyata ganteng dan cantik," alasannya.

Antusias warga tidak hanya untuk melihat para peserta dari Ceko, tapi juga untuk berfoto bersama.Bahkan ketika mereka berfoto bersama dengan menteri, wali kota Tanjungpinang dan Gubernur Kepri, sejumlah warga berusaha ikut berfoto bersama.

Namun aksi nekat sejumlah pengunjung itu cepat diatasi oleh petugas.Setelah para pejabat itu pindah ke lokasi bazaar, pengunjung yang antrusias pun berebut berfoto dan bersalaman dengan peserta dari Ceko itu.

Antusias mereka disambut hangat oleh para tim yang dipimpin Martin Konegny tersebut. Salah seorang anggota tim Ceko mengaku senang dengan sambutan warga Tanjungpinang yang menurutnya ramah dan suka tersenyum.

Menurut Ketua Umum DBR 2008 Raja Izharuddin,total peserta tahun ini sebanyak 41 tim, yang mana tiga tim berasal dari negara luar yakni Singapura, Malaysia dan Republik Ceko. Jumlah tersebut lebih banyak dari tahun 2007 lalu yang mana peserta hanya 33 orang. Seluruh tim yang bertanding akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 125 juta. l

Sedangkan Wali Kota Tanjungpinang Dra Hj Suryatati A Manan mengatakan, lomba perahu naga adalah event tahunan yang rutin diselenggarakan sejak tahun 2002.Bahkan pada tahun ini DBR akan dimasukan dalam 100 event tahunan guna mendukung kegiatan pariwisataan di Indonesia.

Hal tersebut sesuai dengan tujuan penyelenggaraannya sebagai sarana promosi untuk meningkatkan daya tarik dan kunjungan wisatawan mancanegara.

Sementara Gubernur Kepri Ismeth Abdullah berharap kegiatan DBR ini makin membuat Tanjungpinang sebagai kota tua yang sudah lama termahsyur sejak abad ke 14 dan 15, makin lebih terkenal.

Menpora Adhyaksa Dault sendiri berharap DBR Tanjungpinang bisa masuk ke dalam kementrian pemuda dan olahraga.Bahkan ia menyatakan siap membantu.

"Saya berharap kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain.Selain itu ada tiga hal penting yang bisa diambil dari kegiatan ini yakni persahabatan, pengendalian diri dan tidak sombong," ungkapnya.

Usai melepas perdana peserta DBR, menpora menyempatkan mengunjungi stand bazaar yang berlokasi di sekitar tempat pembukaan DBR. Bahkan menpora menyempatkan mencicipi sejumlah makanan khas melayu, seperti otak-otak.

Seperti tahun-tahun sebelumnya jenis lomba DBR 2008 yang berakhir pada 17 November selain lomba perahu naga juga ada renang, kayak, selam, sampan tradisional dan jong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TULISAN DALAM BLOG INI ADALAH BERITA MENTAH HASIL LIPUTAN SAYA

Sang Kuli Tinta

Sang Kuli Tinta