Kamis, 11 Desember 2008

Mahalnya Biaya Provinsi Kepulauan

Jika dibandingkan dengan provinsi lain, yang mana daratannya lebih luas dari lautan, sekilas lebih mudah untuk membangun daerah kepulauan.Padahal jika dikaji lebih mendalam, membangun daerah kepulauan jauh lebih sulit dan memerlukan biaya yang mahal.

Memang daerah kepulauan tidak memerlukan jalan tol, karena lautan luas sudah menjadi jalan alami bagi transportasi laut.Namun masalahnya bukan sampai disitu, melainkan sarana dan prasarana jauh lebih mahal, seperti pengadaan kapal laut dan pembangunan pelabuhan.



Jika sebuah pengadaan bus dengan fasilitas bagus, paling mahal hanya memerlukan biaya sekitar Rp 600 juta, namun untuk sebuah kapal laut sejenis ferry paling sedikit memerlukan biaya sekitar Rp 4 M.

Inilah yang dipaparkan Gubernur Kepri Ismeth Abdullah, saat menghadiri Muskomda Pemuda Katolik."Sudahlah kapalnya mahal, membangun pelabuhan juga tidak butuh anggaran besar,"ungkap Ismeth.

Daerah kepulauan menurut Ismeth masih kurang diperhatikan oleh pemerintah pusat khususnya dalam masalah tranportasi laut.Selama ini pemerintah pusat cenderung memikirkan transportasi darat, padahal daerah kepulauan lebih membutuhkan transportasi laut.

"Selama ini selalu yang dipikirkan pembangunan jalan, padahal kita butuh kapal dan pelabuhan," tandas Ismeth.

Namun meksipun begitu, ia bersyukur karena tahun ini usulan pengadaan kapal untuk Kepri dipenuhi pusat."Alhamdulillah tahun ini kapal yang kita minta diberikan," tandasnya.

Selain itu ribuan pulau dan sejumlah pulau terluar khususnya juga memerlukan pengawasan yang ketat agar tidak dicaplok negara tetangga."Menjaga pulau terluar itu butuh dana besar, jadi kami perlu dibantu pemerintah pusat menjaganya.Alhamdulillah sudah ada perhatian," tambahnya.


Meski sebagai daerah kepulauan,Ismeth bersyukur Kepri mengalami pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia.Sebelum krisis global yang melanda sejak beberapa bulan lalu, pertumbuhan ekonomi Kepri sebesar 8,2 persen.

"Sebagai provinsi baru kita mesti bersyukur atas perkembangan daerah ini. Untuk itu mari bersama kita manfaatkan potensi yang ada untuk lebih memajukan daerah ini,"harapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TULISAN DALAM BLOG INI ADALAH BERITA MENTAH HASIL LIPUTAN SAYA

Sang Kuli Tinta

Sang Kuli Tinta